SKDP

SKDP

Persyaratan Membuat Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)

  1. Kantor dengan Gedung/Ruko Milik Sendiri :
  1. Surat Permohonan pembuatan SKDP yang ditujukan kepada Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kelurahan dan ditanda tangani Direktur Utama perusahaan. Surat ini juga memuat informasi mengenai perusahaan seperti bidang usaha, jumlah karyawan, dan sebagainya.
  2. Surat Pernyataan bermaterai tentang Keabsahan Dokumen yang dilampirkan, ditandatangani oleh Direktur Utama/Penanggung Jawab perusahaan.
  3. Akta Notaris Pendirian dan/atau Akta Perubahan Perusahaan (asli & fotocopy).
  4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur/Penanggung Jawab Perusahaan (asli & fotocopy). Jika Direktur/Penanggung Jawab perusahaan bukan Warga Negara Indonesia, sertakan Paspor/Kitas.
  5. Kartu Keluarga (KK) Direktur/Penanggung Jawab Perusahaan.
  6. NPWP Pribadi Direktur/Penanggung Jawab Perusahaan (fotocopy).
  7. Bukti kepemilikan tanah: Sertifikat Tanah/Akta Jual Beli/Girik (fotocopy).
  8. Slip pembayaran PBB tahun berjalan (fotocopy).
  9. Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dengan peruntukan bangunan adalah kantor bukan rumah tinggal (asli dan fotokopi). Untuk bangunan yang tidak memiliki IMB (misalnya karena dibangun sebelum 2000, dapat diganti surat pernyataan bermaterai cukup dari pemilik bangunan dengan diketahui RT, RW, dan Lurah setempat, namun kemungkinan ini hanya berlaku di wilayah tertentu saja. Silakan Anda tanyakan lebih lanjut ke pihak Kelurahan setempat.
  10. Tanda daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk Badan Hukum atau Badan Usaha.
  11. Slip setoran retribusi izin gangguan dan Pajak Reklame (fotocopy).
  12. Surat Keterangan Pajak Retribusi Daerah.
  13. Surat Pernyataan Tidak Keberatan dari tetangga sekitar khusus untuk lokasi usaha yang berhimpitan dengan bangunan lain atau ada kemungkinan mengganggu tetangga sekitar.
  14. Surat Izin Tempat Usaha (ITU) - (fotocopy).
  15. Surat Kuasa pengurusan bermaterai cukup (jika pengurusan melalui pihak lain).

 

  1. Kantor dengan Gedung/Ruko yang Mengontrak/Menyewa :
  1. Surat Permohonan pembuatan SKDP yang ditujukan kepada Kasatlak PTSP Kelurahan dan ditanda tangani Direktur Utama perusahaan. Surat ini juga memuat informasi mengenai perusahaan seperti bidang usaha, jumlah karyawan, dan sebagaikan.
  2. Surat Pernyataan bermaterai tentang Keabsahan Dokumen yang dilampirkan, ditandatangani oleh Direktur Utama/Penanggung Jawab perusahaan.
  3. Akta Notaris Pendirian dan/atau Perubahan Perusahaan (asli & fotocopy).
  4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur/Penanggung Jawab Perusahaan (asli & fotocopy).
  5. Kartu Keluarga (KK) Direktur/Penanggung Jawab Perusahaan.
  6. NPWP Pribadi Direktur/Penanggung Jawab Perusahaan (fotocopy).
  7. Surat Keterangan dari Pengelola Gedung (jika letak kantor di kompleks perkantoran) dengan melampirkan bukti kepemilikan seperti fotokopi sertifikat, IMB, PBB terakhir dari pemilik gedung.
  8. Surat Perjanjian Sewa-Menyewa (fotocopy).
  9. Tanda daftar BPJS ketenagakerjaan untuk Badan Hukum atau Badan Usaha.
  10. Slip setoran retribusi izin gangguan dan Pajak Reklame (fotocopy).
  11. Surat Keterangan Pajak Retribusi Daerah.
  12. Surat Pernyataan Tidak Keberatan dari tetangga sekitar khusus untuk lokasi perusahaan yang berhimpitan dengan bangunan lain atau ada kemungkinan mengganggu warga sekitar.
  13. Surat Izin Tempat Usaha (ITU) – (fotocopy).
  14. Surat Kuasa pengurusan bermaterai cukup (jika pengurusan melalui pihak lain).

Untuk di wilayah tertentu seperti di Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Tata Ruang. Setiap badan usaha wajib berdomisili di zonasi yang diperuntukannya untuk perkantoran. Jika tempat usaha Anda di Jakarta dan tidak berada di dalam zonasi yang dimaksud, misalnya di kompleks perumahan tempat tinggal, maka SKDP baru maupun perpanjangan tidak akan diterbitkan. Penjelasan lengkap mengenai ketentuan zonasi ini bisa ditanyakan langsung ke Kantor Kelurahan.

Jika Anda ingin mendirikan PT, Graha Inspirasi adalah solusinya, cepat, mudah dan murah. Anda sudah dapat SKDP dan persyaratan lain untuk mendirikan PT di Jakarta. Jasa pendirian PT sangat cepat, jika biasanya pembuatan PT 35 hari bahkan lebih, Graha Inspirasi  hanya sekitar 28 hari atau 30 hari.




Anda Punya Pertanyaan ?

Jika Anda ingin menyampaikan pertanyaan tentang perijinan dan pembuatan PT, saran atau komplain, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami akan sangat senang melayani permintaan Anda segera mungkin.

Blog

Biz News

Prosedur Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) wajib dimiliki oleh setiap perusahaan besar, koperasi atau perusahaan perorangan yang melakukan perdagangan. SIUP dapat digunakan sebagai bukti sah usaha perdagangan secara hukum yang mempunyai surat izin usaha d

Selengkapnya

Kategori Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

SIUP terbagi menjadi 4 jenis: SIUP Besar SIUP ini digunakan oleh perusahaan besar yang mempunyai modal dan keuntungan bersih di atas 10 M (tidak termasuk tanah dan bangunan). SIUP Menengah SIUP ini digunakan oleh perusahaan besar yang mempunyai modal dan

Selengkapnya

Pengusaha Kena Pajak (PKP)

PKP singkatan dari Pengusaha Kena Pajak. Setiap pengusaha terutama pengusaha yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis dan memiliki omset besar pasti mengenal PKP. Berdasarkan UU Nomor 16 Tahun 2000, PKP (Pengusaha Kena Pajak) adalah Pengusaha yang mel

Selengkapnya

Layanan Dan Jasa

PERSYARATAN PENDIRIAN PT

  • Fotokopi KTP Direksi dan Pemegang Saham
  • Fotokopi NPWP Direksi dan Pemegang Saham (Kartu NPWP Direktur Utama harus telah diperbaharui)
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga) Direktur Utama
  • Phas Photo 4x6 4 Lembar Direktur Utama 
  • Stempel Perusahaan
  • Kop Surat Perusahaan
  • Direksi perusahaan minimal 2 orang (Direktur dan Komisaris)
  • Pemegang saham perusahaan minimal 2 orang (Pemegang saham diperbolehkan rangkap jabatan sebagai Direktur atau Komisaris Perusahaan)

PERSYARATAN PENDIRIAN CV

  • Fotokopi KTP Direksi
  • Fotokopi NPWP Direksi (Kartu NPWP Direktur Utama harus telah diperbaharui)
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga) Direktur Utama
  • Phas Photo 4x6 4 Lembar Direktur Utama 
  • Stempel Perusahaan
  • Kop Surat Perusahaan
  • Direksi perusahaan minimal 2 orang (Direktur dan Komisaris)